Advertiser Here

SKL UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 FISIKA


KISI-KISI  UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012


 KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA

 FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami prinsip-prinsip
mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan
menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Menentukan besar dan arah vektor serta
menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
2.
Memahami gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak
melingkar beraturan, atau gerak parabola
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi
(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan
energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan
momentum.
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan
dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip
konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan
proses termodinamika pada mesin kalor.
4.
Menganalisis konsep dan prinsip
gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada
gelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa
interferensi dan difraksi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan
dengan peristiwa efek Doppler.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada berbagai kondisi yang berbeda.
5.
Memahami konsep dan prinsip
kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Menentukan besaran-besaran fisis yang
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau
energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu
rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat
berarus listrik.
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada
kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL
induksi atau prinsip kerja transformator.
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
6.
Memahami konsep dan prinsip
kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan
teori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam
berbagai aspek kehidupan.

Description: SKL UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 FISIKA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: SKL UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 FISIKA
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 21:14

0 comments

Post a Comment