KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMA/MA
BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat
biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
|
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur.
|
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
|
||
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman
hayati tertentu.
|
||
Mengidentifikasi invertebrata
berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi
dan energi serta peran manusia
dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya dengan
struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/
proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel
tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai
fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi
sistem organ manusia serta
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi
pada manusia.
|
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pencernaan makanan pada
manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi pada manusia/
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem
regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem
reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi
proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
7.
|
Mendeskripsikan proses
metabolisme
pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses
metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada
tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi
anaerob).
|
||
8.
|
Memahami konsep
dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas
dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom.
|
Menjabarkan proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum
Mendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan
semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun
pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme
evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan peran bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/
modern.
|
||
Menjelaskan dampak
bioteknologi bagi masyarakat
dan lingkungan.
|
Description: SKL UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 BIOLOGI
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: SKL UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 BIOLOGI
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 21:03
0 comments
Post a Comment